Intisari-Online.com - Selamat datang tahun
2013! Selamat datang ular air! Setelah berbasah-basah di tahun naga
air, kini kita akan dibawa menggeliat oleh sang ular. Untungnya, para
ahli feng shui mengatakan, tak banyak friksi terjadi dalam pergantian
tahun ini, sebab ular masih berada dalam naungan tahun naga.
Bagi para pebisnis ritel, ular yang kerap dianggap lihai merupakan karakter yang akan ditemui dalam diri para konsumer nantinya. Menurut chinesezodiac.com, ular memiliki sifat analitis yang luar biasa dan bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan secara efektif dengan melakukan manuver dan strategi tertentu.
Di tahun naga air, para konsumer akan lebih cerdas dalam membeli produk dan mampu mempengaruhi pembeli lain, melalui media sosial misalnya. Para konsumer ular air juga menikmati pengakuan dan pemberian hadiah. Mereka yang kerap mempromosikan produk kesukaanya akan bahagia saat diberi penghargaan. Untuk itu, para pebisnis ritel tampaknya harus cerdik ‘menangkap’ sang ular.
Bagi para pebisnis ritel, ular yang kerap dianggap lihai merupakan karakter yang akan ditemui dalam diri para konsumer nantinya. Menurut chinesezodiac.com, ular memiliki sifat analitis yang luar biasa dan bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan secara efektif dengan melakukan manuver dan strategi tertentu.
Di tahun naga air, para konsumer akan lebih cerdas dalam membeli produk dan mampu mempengaruhi pembeli lain, melalui media sosial misalnya. Para konsumer ular air juga menikmati pengakuan dan pemberian hadiah. Mereka yang kerap mempromosikan produk kesukaanya akan bahagia saat diberi penghargaan. Untuk itu, para pebisnis ritel tampaknya harus cerdik ‘menangkap’ sang ular.
- Pendekatan pribadi.
Tak ada konsumen yang sama persis antara satu dengan lainnya.
Terlebih pada tahun ular air. Para pebisnis ritel harus mengadakan
pendekatan pribadi kepada para konsumen. Mereka sebaiknya mengenal
kegemaran konsumen secara pribadi, memberikan servis dengan sangat baik,
dan memberikan penghargaan lebih kepada masing-masing konsumen. “Jika
para ritel tidak berbicara kepada para pembeli dalam ranah yang personal
atau pribadi, maka pembicaraan bisnis serta merta akan berhenti,” tulis
www.stores.org.
Selama para konsumen masih membawa gadget dan terhubung media sosial, mereka bisa menyebarkan kesukaan maupun ketidaksukaan mereka terhadap sebuah produk. Di sinilah pendekatan personal baik soal pelayanan konsumen, maupun produk. Ambil saja contoh NikeID dan Converse Original yang berhasil menarik minat pelanggan utamanya dengan jasa produk pesanan khusus. Tampaknya pendekatan itu akan terus diminati sepanjang tahun ular air.
- Transparan.
Bersikap terbuka termasuk soal penawaran dan harga menjadi poin
penting untuk menarik konsumen. Dengan bersikap transparan, konsumen
akan lebih percaya pada sebuah merek atau produk yang ditawarkan. Ambil
contoh raksasa elektronik Apple. Sejak dipegang oleh Tim Cook, Apple
melakukan transparansi dari penggunaan materi, teknologi, hingga harga.
Hasilnya? Penjualan produk Apple naik luar biasa.
- Hadir.
Semakin mudah sebuah produk didapatkan, semakin intim pula
hubungannya dengan konsumen. Bagi para merek, memperhatikan suasana
serta lokasi ritel merupakan sesuatu yang wajib dipikirkan secara
matang. Kembali ke Apple. Apple Stores merupakan ritel yang
memperhatikan lingkungan serta lokasi. Mereka juga memberikan pengalaman
lebih kepada konsumen dengan membebaskan mereka mencoba produk yang
ada. Apple Stores bahkan membiarkan para pengunjung mengecek Facebook,
Twitter, atau bahkan berlama-lama membaca berita di internet.
- Bermurah hati.
Tak perlu mengobral banyak hadiah kepada konsumen. Cukup berikan yang
lebih daripada yang bisa Anda berikan sebelumnya. Bila Anda menjanjikan
waktu antaran selama 30 menit, mengapa tidak menjanjikan waktu antaran
20 menit? Dengan melakukan servis lebih dari biasanya, konsumen akan
merasakan peningkatan, yang berujung pada naiknya nilai jual produk
Anda.
- Unik.
Sudah terlalu banyak produk tiruan yang beredar di luar sana. Satu
dan lainnya, bahkan punya kualitas yang sama, sebab diproduksi di tempat
yang sama pula. Keunikan menjadi mahal di 2013. Oleh karena itu posisi
produk penting sekali untuk dipikirkan. Kembangkan produk yang
betul-betul unik, dan kuasai pasar melalui produk tersebut. Dengan
begitu, Anda tidak akan pernah kehilangan konsumen. (*)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar